pengertian Definisi, Fungsi, dan Contoh Taman kolam hias koi landscape

kolam hias ikan koi minimalis air terjun & mancur

Membuat taman kolam ikan hias di sekitar rumah merupakan dambaan banyak orang. Keberadaan kolam semacam ini bukan saja mencptakan lingkungan yang lebih alami dan asri namun juga memberikan prestise tersendiri. Dan jika anda ingin membuatnya silahkan anda hubungi kami jasa kontraktor kolam terbaik.

Berikut Ulasan Singkat Pembuatan Kolam ikan hias koi

Pemilihan Tata Letak Lokasi

Menurut lokasinya, kolam untuk budidaya ikan koi dapat dibedakan menjadi dua macam yakni jenis kolam indoor dan ada juga kolam outdoor. Maksud dari kolam indoor ini adalah kolam yang berada di dalam suatu bangunan. Sedangkan jenis kolam outdoor adalah kolam yang berada di luar ruangan.

Dari pengertian di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kolam indoor akan mendapatkan paparan cahaya matahari yang sangat minim. Maka dapat dipastikan suhu di dalam kolam  pun akan cenderung dingin dan hal ini juga dapat membutuhkan beberapa teknik untuk menyiasati suhu di dalam kolam,agar nantinya bisa mempertahankan suhu normal, sehingga ikan dan biota yang hidup di dalamnya tetap sehat dan tidak mudah mati.

Sebaliknya, pada kolam jenis outdoor, kolam jenis outdoor ini akan mendapatkan sinar matahari yang melimpah ruah. Maka dari itu anda tinggal memerlukan beberapa teknik tertentu agar suhu kolam tidak terlalu panas,terutama ketika pada waktu siang hari atau pada masa musim panas. Bagian Posisi kolam ini juga harus presisi agar nantinya kolam tersebut tidak mudah terkena kotoran ataupun daun gugur yang berjatuhan di kolam.

Merencanakan Desain Kolam

Setidaknya, untuk saat ini terdapat 3 jenis desain untuk kolam ikan hias koi yang mana 3 jenis itu berdasarkan bentuk, yakni persegi, lingkaran, dan model bebas. Bentuk persegi ini kerap sekali digunakan baik dalam budidaya ikan koi maupun jenis ikan lainnya.

Bentuk persegi ini  diciptakan agar kolam tetap mempunyai style formal. Gaya seperti  ini sangat cocok untuk pelengkap rumah minimalis, modern, dan ruangan untuk keperluan lainnya.

Sementara itu, kolam dengan bentuk lingkaran dan elips sangat cocok untuk anda yang mempunyai desain rumah bergaya elegan, mewah, tradisional, dan cocok juga di bangun di ruangan informal. untuk model terakhir, yakni gaya bebas yang mana gaya ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada bangunan rumah wisata dan juga penginapan seperti villa dan hotel.

Demikian ulasan singkat mengenai tahapan pembuatan kolam ikan hias koi,semoga dengan apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya.

Kedalaman Kolam ikan hias koi

Sebagian orang mungkin akan beranggapan bahwa agar dapat menikmati keindahan ikan Koi, mereka meyakini dapat membuat Kolam Koi yang dangkal yakni antara 30 cm sampai 50 cm saja, sehingga ikan Koi sangat mudah untuk dilihat, pendapat semacam itu sebenarnya sah-sah saja,namun akan tetapi jenis Kolam dengan kedalaman yang dangkal,nantinya akan membuat Ikan koi tidak bisa tumbuh secara maksimal.

Bila Ikan Koi dengan ukuran jumbo dipelihara pada Kolam dengan kedalaman yang Dangkal,maka lambat laun akan membuat tubuh ikan koi ini menjadi bengkok sehingga mengurangi unsur keindahan pada tubuh ikan koi

Solusinya adalah dengan cara membuat Kolam Koi dengan kedalaman yang cukup namun,disini kondisi air juga harus selalu bersih dan juga terlihat jernih sehingga meskipun Kolam ikan hias koi sangat dalam,namun kita hanya cukup melihat dari kejauhan saja.

tahap pembuatan Kolam Koi yang representatif, ini memang memerlukan biaya yang tidak sedikit, yang mana terkadang akan berbenturan dengan biaya yang tersedia Maka dari itu, dalam tahapan pembuatan Kolam ikan hias koi ini haruslah terlebih dahulu untuk  menyesuaikan dengan berbagai macam kondisi baik dari segi finansial maupun segi dari lahan pekarangan itu sendiri.

Maka, lebih baik kolam yang anda bangun itu tetap berukuran kecil namun mendapat kualitas yang sangat baik daripada mempunyai kolam yang besar tetapi kualitas airnya sangat buruk.

Dengan memahami prinsip dasar Kolam koi yakni tinggal melakukan perawatan agar ikan koi tidak mudah terserang penyakit

Membangun Kolam Koi Dengan Tepat Akan Menambah Keindahan

Selain itu di dalam tahapan awal perencanaan pembuatan Kolam ikan hias koi terdapat suatu hal yang harus benar-benar dipertimbangkan terlebih dahulu,yakni tentang jumlah ikan Koi yang akan dipelihara dan secepat mungkin bisa anda tentukan berapa ukuran Koi yang akan dicapai ketika dewasa.

Ukuran Kolam koi yang kecil dan juga dangkal tidak bisa mendukung secara signifikan pertumbuhan ikan koi dan tidak akan mencapai ukuran Jumbo. Selain itu seiring dengan pertumbuhan Ikan Koi yang kian dewasa,maka di dalam kolam ikan hias koi ini juga akan menghasilkan beragam kotoran dan juga Kandungan kimia berbahaya lain seperti Amonia,yang mana produksi amonia ini akan meningkat secara besar di dalam kolam.Dan hal inilah yang nantinya akan berpengaruh terhadap kesehatan dan kehidupan Ikan Koi.

Sumber Oksigen Penting Dalam Membuat  Kolam Koi

Untuk dapat Membuat Kolam ikan hias koi secara optimal terdapat dua hal yang perlu dipertimbangkan yang pertama adalah adanya sumber Oksigen yang cukup dan juga sistem Filter yang sangat baik.

Sebagaimana halnya juga terjadi pada hewan lain, Ikan Koi juga memerlukan adanya serapan Oksigen secara maksimal,untuk bernafas dan juga ikan koi ini tergolong ikan yang cukup rentan dengan kondisi kolam yang minim akan pasokan oksigen.

Karena itu ketika hendak membuat kolam ikan hias koi, pastikan suplai  akan oksigen terpenuhi dan cukup di dalam kolam koi. Oksigen ini bisa dihasilkan dari pergerakan air yang ada di kolam ikan hias koi, misalnya saja dapat dibuat dengan air terjun atau dilakukan juga penambahan aerator pada kolam ikan hias koi. Sistem filter juga memegang peranan yang sangat penting untuk menjaga kualitas air dalam di dalam kolam.

Karena itu filter pada kolam ikan hias koi ini merupakan equipment yang wajib dalam Membuat Kolam Koi,sistem filter yang ada di dalam Kolam ikan hias koi ini tidak cukup hanya menghasilkan air yang bersih dan juga jernih