pengertian Definisi, Fungsi, dan Contoh Taman landscape

Taman adalah sebuah area atau sebidang tanah yang ditanami berbagai tumbuhan dan diberikan beberapa komponen tambahan yang bermanfaat bagi manusia. Komponen didalam taman terdiri atas komponen biotik dan abiotik yang saling mendukung satu sama lain. Komponen biotik taman, antara lain: manusia, hewan, dan tumbuhan. Sedangkan komponen abiotik taman, antara lain: tanah, air, udara, dan cahaya matahari. Pada sebagian taman terdapat beberapa komponen tambahan seperti air mancur, jalan setapak, kolam, gazebo, ayunan, dan berbagai hiasan lain yang dapat menambah nilai estetika taman. Pada umumnya taman dibuat untuk menyusun, menanam, dan menata berbagai tanaman, seperti pohon, rumput, dan bunga sebagai salah satu upaya penghijauan. Tujuan umum dibuatnya taman adalah untuk menjadikan suatu area menjadi lebih indah, sejuk, nyaman, dan tertata secara rapi.

  • Berdasarkan kepemilikannya taman dibedakan menjadi dua, yaitu taman pribadi dan taman umum.

    1. Taman pribadi, yaitu taman yang dibuat dan digunakan untuk kepentingan pribadi (perorangan). Tujuan dibuatnya taman pribadi bermacam-macam, tergantung pada keinginan seseorang. Ada yang untuk keindahan, penyejuk, atau bahkan tempat bermain anak. Taman pribadi biasanya dibuat di rumah atau lahan milik pribadi, misalnya taman di pekarangan rumah, taman di halaman belakang rumah, taman diatap rumah (rooftop), dan sebagainya.
    2. Taman umum, yaitu taman yang dibuat di tempat-tempat umum, dan dapat digunakan oleh orang banyak. Taman umum biasanya dibuat untuk memberikan manfaat pada orang banyak serta menambah nilai estetika dari suatu tempat, misalnya taman perumahan, taman kantor, taman kota, dan sebagainya.

    Taman memiliki berbagai fungsi tambahan yang dapat memberikan berbagai manfaat pada lingkungan disekitarnya.

  • Fungsi taman kota

  • Fungsi ekologis, taman dapat berfungsi untuk menjaga kualitas lingkungan dan dapat menjadikan suatu lingkungan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sebagai fungsi ekologis, taman dapat memberikan berbagai manfaat, yaitu:

    • Sebagai sumber penghasil oksigen dan penyerapan karbondioksida

    Pada dasarnya tumbuhan hijau yang terdapat di taman dapat melakukan fotosintesis sehingga akan mengurangi kadar karbondioksida dan menghasilkan oksigen. 

    • Meminimalisir polusi udara

    Tumbuhan di taman dapat menyerap berbagai debu dan asap kendaraan bermotor sehingga mengurangi polusi udara. 

    • Orohidrologi

    Taman dapat menjadi tempat penyimpanan air tanah, sehingga dapat menjamin pasokan air tanah, serta mencegah banjir.

    • Pelestarian lingkungan (ekosistem)

    Taman dapat dijadikan sebagai salah satu sarana dalam upaya melestarikan lingkungan (ekosistem).

  • Fungsi sosial, taman kota dapat berfungsi sebagai sarana dalam meningkatkan interaksi sosial antar masyarakat. Sebagai fungsi ekologis, taman dapat memberikan berbagai manfaat, yaitu:

    • Sebagai tempat komunikasi sosial

    Taman dapat dijadikan masyarakat sebagai tempat untuk menjalin komunikasi dan menjalin interaksi antar sesama masyarakat.

    • Sebagai sarana olahraga, bermain, dan rekreasi

    Taman dapat juga dijadikan sebagai sarana olahraga, misalnya jogging. Taman dapat juga menjadi tempat bermain untuk anak-anak. Taman dapat juga dijadikan sebagai salah satu tempat rekreasi untuk bersantai dan melepas kepenatan.

    • Sebagai landmark suatu daerah

    Taman yang indah memiliki daya tarik tersendiri, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu landmark atau ikon tertentu dari suatu daerah.